Rumah > Pengetahuan > Konten

Deskripsi karakteristik fraktur abnormal isolator komposit

Mar 28, 2019

Pada tahun-tahun awal, isolator sebagian besar digunakan di kutub listrik. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, mereka secara bertahap berkembang di ujung menara penghubung kawat bertegangan tinggi, di mana banyak isolator berbentuk cakram digantung. Mereka digunakan untuk meningkatkan jarak rambat dan biasanya terbuat dari gelas atau keramik, yang disebut isolator. Isolator dalam saluran transmisi overhead dengan dua peran dasar, yaitu kawat pendukung dan mencegah arus balik, kedua fungsi ini harus dijamin, isolator tidak boleh berubah karena kondisi beban lingkungan dan listrik menyebabkan berbagai tegangan dan kegagalan listrik dan mekanik, atau ada tidak akan memiliki peran penting dalam isolator, akan merusak seluruh lini penggunaan dan masa operasi.

Insulator komposit adalah kontrol isolasi khusus yang dapat memainkan peran penting dalam saluran transmisi overhead.

Fraktur isolator komposit akan menyebabkan kecelakaan listrik yang serius. Oleh karena itu, penelitian tentang mekanisme fraktur isolator komposit dan tindakan pencegahan yang sesuai memiliki signifikansi ilmiah yang penting dan nilai rekayasa.

Dalam beberapa kecelakaan fraktur abnormal isolator komposit dalam beberapa tahun terakhir, bentuk fraktur bar inti fraktur benar-benar berbeda dari fraktur rapuh yang diketahui dan bentuk fraktur umum isolator komposit. Karakteristik fraktur abnormal isolator komposit baru ini meliputi:

1) kerusakan serius dari lubang got (lubang makroskopis dari lubang got tidak mulus, tekstur lubang got menjadi renyah, dan lubang got berbentuk seperti kayu layu, lubang got bubuk, dan serat gelas dan resin epoksi matriks dipisahkan satu sama lain, dll.);

2) kegagalan antarmuka antara selubung karet silikon dan inti baja kaca dekat fraktur inti;

3) area kegagalan antarmuka antara jaket karet silikon dan inti baja kaca sebagian besar terhubung dengan ujung bertekanan tinggi melalui saluran karbonisasi;

4) beberapa lubang elektroerosi transversal yang dikembangkan dari dalam ke luar muncul pada sarungnya;

5) ada fenomena kenaikan suhu abnormal sebelum isolator rusak.

Back